Cara Menyusun Struktur Organisasi Bisnis

Cara Menyusun Struktur Organisasi Bisnis

Salah satu hal paling penting dalam sebuah bisnis adalah struktur organisasi. Bagaimana tidak, struktur organisasi adalah suatu komponen yang menyusun suatu perusahaan sehingga hak dan kewajiban setiap komponen terbagi dengan jelas.

Bayangkan jika dalam suatu perusahaan tidak memiliki struktur organisasi, pasti perusahaan tidak akan berjalan dengan optimal dan efektif.

Struktur organisasi juga menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Karena di dalam perusahaan tersebut tandanya ada komponen yang memiliki tugas berbeda sehingga tidak terjadi tumpang tindih atau double pekerjaan.

Maka dari itulah sangat penting untuk suatu perusahaan untuk membuat struktur organisasinya.

Cara Membuat Bagan Struktur Organisasi

Dengan adanya struktur organisasi yang jelas, maka dalam menjalankan suatu bisnis akan lebih mudah. Karena pada dasarnya struktur tersebut secara otomatis akan menunjukkan ke setiap orang pada kewajibannya masing-masing.

Sehingga tidak ada yang bingung dalam menjalankan tugasnya. Berikut ini adalah cara dari Magnate bagaimana menyusun struktur organisasi dalam sebuah bisnis:

1. Menentukan Bagan yang Akan Di terapkan

Ada banyak jenis bagan yang bisa anda pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda. Dan masing-masing jenis bagan memiliki tujuan yang berbeda juga. Namun anda bisa sesuaikan mana yang perusahaan anda butuhkan.

A. Bagan Hierarkis

Dalam jenis bagan ini adalah yang paling sering di terapkan karena cukup mudah untuk di terapkan. Bagan ini menunjukkan posisi dari komponen perusahaan tersebut.

Dari yang paling atas adalah pimpinan tertinggi hingga menuju ke bawah yaitu komponen yang di pimpin.

B. Bagan Fungsional

Bagan ini membagi komponen perusahaan dalam beberapa divisi atau departemen. Di susun dari mulai pimpinan perusahaan, kemudian kepala divisi atau departemen, hingga staf atau pegawainya.

Biasanya bagan ini diterapkan pada perusahaan besar yang memiliki pegawai dan membaginya ke dalam beberapa departemen atau divisi.

C. Bagan Matrix

Bagan ini menggambarkan pegawai dengan pengawasan. Kemudian juga menunjukan manajer, departemen, dan stafnya. Sehingga bagan ini cocok diterapkan pada perusahaan yang memiliki banyak pengawasan.

D. Bagan Lingkaran

Bagan ini baru banyak di pakai belakangan ini seiring munculnya perusahaan startup yang notabene menggunakan bagan jenis ini.

Bertujuan untuk tidak lagi menggunakan hierarki adalah tidak lain untuk kesetaraan bahwa setiap departemen sama-sama berperan penting dalam perusahaan. Dan tidak di susun berdasarkan posisi jabatan.

2. Mengelompokkan Pegawai

Untuk mengelompokkan pegawai dan membaginya ke setiap divisi, anda harus mengetahui informasi terkait keahlian apa yang miliki oleh pegawai tersebut.

Kemudian anda bisa mengelompokkan sesuai dengan keahlian mereka. Namun dalam pengelompokkan ini juga perlu di perhatikan sesuai bagan apa yang akan anda pilih.

3. Memasukkan Data Pegawai

Setelah informasi mengenai biodata pegawai serta keahliannya, anda bisa mulai mendata. Jika anda memilih bagan hierarkis, maka anda akan membaginya sesuai dengan posisi atau jabatan tinggi ke rendah namun tetap sesuai dengan keahliannya.

Karena posisi dalam bagan ini adalah hal utama. Kemudian, jika anda membaginya dalam bagan lingkaran, anda bisa langsung mengelompokkan tanpa menggambarkan posisi dari pegawainya.

4. Memilih Aplikasi Untuk Membuat Bagan

Kemudian langkah berikutnya adalah membuat bagan itu sendiri. Setelah anda mengumpulkan informasi dan mendata pegawai, Anda bisa memulai untuk membuat infografis terkait bagan tersebut.

Anda bisa menggunakan template yang tersebar di internet, atau microsoft office, adobe photoshop, ataupun adobe illustrator.

Fungsi Bagan Struktur Organisasi

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, keberadaan bagan struktur organisasi dalam sebuah perusahaan sangat penting dan memiliki fungsi yang kuat untuk menopang perusahaan.

Bagaimana tidak, struktur ini akan menunjukkan arah untuk pegawainya dalam melakukan hak dan kewajibannya. Berikut ini adalah fungsi dari bagan struktur organisasi yang perlu anda ketahui dan pahami:

1. Mengetahui Peran Secara Pasti

Bayangkan jika suatu perusahaan tidak memiliki struktur yang jelas. Maka para pegawai yang ada di sana akan bekerja semaunya seperti tidak mengenal hak dan kewajibannya secara pasti.

Tentunya struktur sangat berfungsi agar tidak ada yang overwork, ataupun underwork, karena masing-masing komponen telah memiliki perannya tersendiri.

2. Memperlancar Hubungan Komunikasi

Tentunya jika di kaitkan dengan fungsi struktur organisasi tentu sangat berkaitan erat, karena dalam struktur organisasi sangat di perlukan komunikasi.

Namun jika struktur organisasi tidak jelas, komunikasi akan berantakan, misalnya divisi media kreatif akan mengkomunikasikan tentang pekerjaannya ke sesama divisi media kreatif. Hal kondusif seperti itulah yang membuat perusahaan tertata dengan rapi.

3. Memperjelas Tanggung Jawab Antar Komponen

Dalam struktur organisasi, terdapat banyak komponen yang pastinya memiliki keahlian, tugas, serta hak dan kewajiban yang berbeda. Struktur inilah yang membantu pegawai mengetahui tugas, hak dan kewajibannya. Sehingga mereka tahu harus mulai dari mana dan apa yang akan di kerjakan.

4. Membuat Perusahaan Lebih Efektif

Tentunya struktur dalam suatu organisasi akan mengarahkan pada keefektifan suatu perusahaan. Jika dalam suatu perusahaan terdapat komponen yang jelas pembagiannya, pengelompokkannya, serta jelas akan perannya masing-masing.

Maka perusahaan tersebut akan otomatis berjalan dengan efektif tanpa adanya gangguan. Semua komponen yang ada di dalamnya akan mengetahui tugasnya masing-masing sehingga pekerjaan akan lebih terstruktur.

Dalam suatu perusahaan yang baru saja berdiri, memang struktur belum di gunakan dengan baik, semua pegawainya juga masih bekerja secara sukarela demi keberhasilan awal.

Namun, jika keadaan telah membaik, ada baiknya jika seorang pemimpin perusahaan tersebut untuk segera membentuk struktur organisasi.

Karena bagaimanapun, perusahaan tersebut akan tumbuh menjadi besar dan agar menghindari kekacauan, maka lebih baik di buat struktur sedini mungkin.

Inilah beberapa penjelasan terkait seberapa pentingnya struktur organisasi dalam menjalankan bisnis. Nyatanya, struktur sangatlah penting demi kelancaran proses bisnis serta keefektifan suatu pekerjaan.

Maka dari itu lah, seorang pebisnis harus segera membuat struktur organisasi agar perusahaan berjalan sesuai dengan ekspektasi.

About Benang Inspirasi

Check Also

Aplikasi Catatan Penjualan Online dan Offline Terbaik

9+ Aplikasi Catatan Penjualan Harian Gratis untuk UMKM Online Offline

Aplikasi Catatan Penjualan Harian untuk UMKM. Melakukan pembukuan penjualan baik dan online secara manual cukup …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close