Mengenal Pipa AC Sebagai Komponen Terpenting Dalam AC
Mengenal Pipa AC Sebagai Komponen Terpenting Dalam AC

Mengenal Pipa Ac Sebagai Komponen Terpenting dalam Ac

Mengenal Pipa AC Sebagai Komponen Terpenting Dalam AC. Meski penggunaannya sudah cukup umum, terutama di kawasan dengan temperatur udara relatif tinggi, faktanya masih banyak orang yang belum memahami apa saja komponen-komponen yang ada dalam AC 1 PK.

Padahal, produk pendingin ruangan memiliki sejumlah komponen dengan fungsinya masing-masing. Sebut saja pipa AC yang menjadi jalur pertukaran udara, evaporator sebagai media penguapan, atau freon sebagai fluida.

Komponen AC dan Fungsinya

Lebih jauh, berikut merupakan beberapa komponen yang membentuk pendingin ruangan lengkap beserta kegunaannya.

  1. Kompresor

Fungsi utama komponen ini ialah menghisap dan menekan uang refrigerant dari evaporator. Kompresor kemudian akan mengompresi uap agar suhu dan tekanannya menjadi lebih tinggi.

Selain itu, komponen ini juga berguna untuk mempertahankan perbedaan temperatur dan tekanan dalam sistem, sekaligus mengalirkan refrigerant ke seluruh sistem pendingin.

  1. Kondensor

Secara garis besar, kondensor merupakan salah satu komponen AC yang berperan sebagai penukar kalor/panas. Komponen ini akan menurunkan temperatur refrigerant dan mengubah bentuk refrigerant dari yang semula berwujud gas menjadi cair.

Umumnya, kondensor berbentuk jaringan pipa yang berguna sebagai area pengembunan.

  1. Evaporator

Evaporator pada dasarnya digunakan untuk proses penguapan pada AC. Tidak hanya itu, evaporator juga bakal menyerap udara panas dari dalam ruangan untuk selanjutnya masuk ke bagian refrigerant.

Pada tahap ini, akan terjadi proses pertukaran udara. Melalui pipa kondensor, zat cair dari pipa kondensor yang masuk ke evaporator akan berubah menjadi gas dingin setelah mengalami penguapan.

  1. Blower/Fan

Suatu produk AC memiliki komponen blower, baik pada unit indoor maupun outdoor. Untuk unit indoor, blower memiliki bentuk serupa tabung bersirip yang berguna sebagai sirkulasi udara.

Sementara komponen blower pada unit outdoor memiliki bentuk seperti kipas dan memiliki fungsi sebagai pendingin refrigerant pada kondensor.

  1. Refrigerant atau Freon

Refrigerant memiliki peranan yang sangat krusial dalam pendingin ruangan. Jika ada sedikit saja kerusakan, AC bakal terasa panas dan tidak mampu berfungsi secara normal.

Secara umum, refrigerant atau yang juga akrab disebut sebagai freon merupakan salah satu komponen gas dalam pendingin ruangan yang berguna sebagai fluida untuk mengkondisikan suhu udara yang dikeluarkan oleh AC.

Tips Pemasangan Pipa AC 1 PK

Pada proses pemasangan pendingin ruangan, Anda perlu memperhatikan posisi AC berikut kebutuhan pipa. Tindakan ini diperlukan guna menghindari timbulnya kerusakan dini atau risiko kebocoran.

Pipa pendingin ruangan merupakan komponen yang sangat penting sebagai jalur sirkulasi dari freon. Jika pipa AC rusak, maka jalannya AC menjadi tidak optimal dan freon bisa keluar kemudian bisa terhirup penghuni ruangan. 

Atas alasan itulah, pipa AC harus dipasang dengan baik dan benar. Lebih lanjut, berikut merupakan beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat hendak memasang pipa air conditioner.

  1. Pasang AC Indoor dan Outdoor Berdekatan

Agar pemasangan pipa AC 1 PK bisa optimal, Anda harus memperhatikan penetapan lokasi pemasangan AC unit indoor dan outdoor. Ada baiknya bagi Anda untuk memasang unit outdoor tepat dibalik unit indoor supaya penggunaan pipa AC bisa lebih irit.

Disamping itu, prosedur instalasi pipa AC pun bakal lebih mudah nan cepat apabila lokasi kedua unit berdekatan.

  1. Berhati-Hati Dalam Proses Flaring

Anda harus menyambungkan pipa dengan sistem flaring untuk bisa menghubungkan unit indoor dan outdoor. Yang mana sistem ini akan menggunakan flare fitting dan flare nut sekaligus meletakkan pipa secara presisi agar tidak mudah rusak.

  1. Mengganti Pipa yang Penyok atau Gepeng 

Pipa yang penyok atau gepeng memang menjadi hal yang lumrah dalam instalasi pipa AC. Namun, kondisi seperti ini bisa menghambat laju aliran freon serta mengakibatkan kebuntuan.

Karena alasan tersebut, jika Anda menemui adanya pipa penyok/gepeng pada instalasi pipa AC, upayakan untuk segera menggantinya dengan pipa lain yang kondisinya lebih baik.

Itulah sekilas informasi mengenai pipa AC, komponen yang dimilikinya, lengkap dengan tips dalam pemasangannya. Ternyata cukup mudah untuk dipahami, ya?

Demikianlah artikel kali ini dengan judul Mengenal Pipa AC Sebagai Komponen Terpenting Dalam AC. Terima kasih sudah ingin berkunjung dan membaca artikel di Benang Inspirasi.

About Benang Inspirasi

Check Also

Cara Mengatasi Status WA tidak Muncul di iPhone

6 Cara Mengatasi Status WA tidak Muncul di iPhone BERHASIL!

BENANGINSPIRASI.COM – Bagaimana cara mengatasi status wa tidak muncul di iPhone yang baik dan benar? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close