Ciri Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Jangan Salah Beli, Ini Ciri Mobil Pernah Terendam Banjir

Usai membeli mobil bekas lebih baik segera datang ke bengkel resmi Suzuki Trans Sumatra Andalan. Tujuannya adalah untuk pengecekan apakah kondisi mobil benar masih bagus dan melakukan beberapa perbaikan.

Namun jauh sebelum Anda membeli mobil bekas perlu lebih teliti lagi di lihat kondisi mobilnya. Apalagi mobil baru yang dijual dengan harga bekas dan di gunakan di area Jakarta.

Mungkin saja mobil pernah terendam banjir yang membuat komponen mengalami kerusakan. Untungnya ada beberapa tanda yang bisa di perhatikan.

Tanda-Tanda Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Keputusan membeli mobil bekas mungkin saja Anda pilih karena harganya yang relatif murah dan sesuai dengan tabungan. Hanya saja untuk membeli mobil bekas akan lebih baik jika Anda membawa seorang teknisi yang paham betul akan mesin.

Apalagi jika Anda mendapatkan tawaran mobil baru namun harganya sangat murah.

Tidak ada salahnya jika Anda sedikit curiga demi supaya tidak rugi di kemudian hari. Mobil yang sudah pernah terendam banjir tentunya akan mengalami beberapa permasalahan.

Anda bisa saja harus mengganti suku cadang yang mahal karena kerusakan yang terjadi. Nah untuk tahu apakah ciri mobil pernah terendam banjir Anda bisa mengamati beberapa tanda berikut ini.

Pertama Kali Mengecek Komponen Kelistrikan

Mobil saat ini biasanya sudah mengandalkan banyak alat elektronik yang notabene menggunakan sistem kelistrikan. Sistem ini tidak bisa terkena air, jadi jika mobil terendam banjir maka akan terjadi konsleting.

Beberapa komponen elektronik yang bisa Anda cek adalah fungsi dari lampu, audio, wiper, ac dan lainnya yang biasanya terlihat pada dashboard. Semua perangkat elektronik harus berjalan normal.

Lampu indikator EPS juga tidak boleh menyala karena menandakan komponen elektrik rusak.

Mengecek Kebersihan Interior Mobil

Ciri kedua terkait ciri mobil terendam banjir adalah tingkat kebersihan interior mobil biasanya tidak bisa lepas dari lumpur. Walaupun sudah di bersihkan, Anda masih bisa melihat sisa lumpur pada bagian sela-sela interior. Lumpur yang terbawa oleh air banjir tergolong sulit untuk di bersihkan.

Pasalnya ketika sudah masuk ke interior, lumpur akan mengendap dan harus di ambil menggunakan air. Padahal kebanyakan cara membersihkan interior hanya mengandalkan mesin vakum atau kain lap biasa saja.

Muncul Karat pada Body Mobil

Mobil baru pasti masih memiliki body yang cukup mulus dengan lapisan coating menempel sempurna. Jika terdapat kerusakan mungkin hanya baret yang nantinya bisa di atasi dengan memoles permukaannya.

Namun jika ternyata ada bagian yang berkarat bahkan pada cat yang sudah mengelupas dan jumlahnya banyak, bisa jadi mobil pernah terendam banjir.

Air lumpur yang merendam body mobil lama kelamaan dapat  menciptakan korosi yang sulit di hilangkan.

Oli yang Bercampur dengan Air

Selain mengecek bagian fisik dari mobil, Anda juga harus mengetahui kondisi oli pada mobil. Apakah jenis oli yang di gunakan dan apakah kandungannya benar-benar bersih. Cobalah untuk mengecek warna oli mesin.

Ketika warnanya coklat keputihan sudah pasti mobil terendam banjir. Oli yang bercampur dengan air artinya kondisi mobil pernah terendam air. Karena air hujan saja tidak akan mudah masuk ke dalam sistem oli mobil.

Mengecek Riwayat Perawatan dan Asal Mobil

Cara mengenali mobil yang pernah terendam banjir atau ciri mobil terendam banjir selanjutnya adalah dengan melihat riwayat perawatannya. Anda bisa meminta pemilik kendaraan untuk menunjukkan kartu servis. Dengan begitu Anda jadi tahu perawatan apa saja yang pernah di akses.

Kenali juga apakah terdapat klaim asuransi pada mobil akibat bencana mobil. Terakhir adalah mengetahui asal mobil dan di mana saja digunakan. Anda bisa dengan mudah mengenali apakah baru-baru ini tempat asal mobil terkena musibah banjir.

Jika Anda tidak ingin kecewa dengan mobil bekas yang baru di beli, sebaiknya kenali tanda-tanda tersebut.

Mobil yang sudah di beli harus segera di bawa ke bengkel resmi Suzuki untuk pengecekan dan perbaikan lebih lanjut sebelum Anda menggunakannya.

Bengkel Resmi Suzuki Terdekat

Kunjungi bengkel resmi terdekat dari lokasi Anda berikut ini.

  1. Armada Banda Jaya wilayah Aceh, https://suzukiaceh.co.id/
  2. Arista Sukses Abadi wilayah Medan, https://suzukiarista.com/
  3. Trans Sumatra Andalan wilayah Sumatera Utara, https://tsasuzuki.com/
  4. Rodamas Makmur Motor wilayah Batam, https://suzukimobilbatam.co.id/
  5. Restu Mahkota Karya https://suzukimahkota.co.id/
  6. Sun Motor Jakarta wilayah Jakarta, https://suzukisunmotor.com/
  7. Citra Asri Buana wilayah Jakarta, https://suzukidealercab.co.id/
  8. Trimitra Sejahtera Mobilindo wilayah Jakarta, https://suzukitrimitra.co.id/
  9. Pusaka Motor Utama wilayah Sukabumi https://suzukipusaka.co.id/

Selama pengecekan, mobil akan di tangani oleh teknisi profesional langsung. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi dan tinggal membawa pulang mobil yang sudah enak di kendarai.

Demikian artikel dari Benang Inspirasi yang berjudulkan mengenai Tanda-Tanda Mobil yang Pernah Terendam Banjir. Termasuk ciri-ciri mobil yang terendam oleh banjir di kota pada sekitar Anda.

About Benang Inspirasi

Check Also

Streaming Persija vs Persebaya Malam Ini

Link Live Streaming Persija vs Persebaya Malam Ini

Link Live Streaming Persija vs Persebaya Malam Ini. Pada pekan kesembilan Liga 1 2021. Duel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *