✓ 8+ Strategi Cara dan Bermain Saham Pemula

6 min read

Mengenal Cara dan Bermain Saham Pemula

Yuk pelajari mengenai mengenal strategi cara dan bermain saham pemula. Apa itu Saham dan bagaimana keuntungan yang bisa didapatkan dari bermain saham ? Tentunya bagi Anda yang masih pemula atau baru mengenal Saham masih bingung.

Apa itu Saham, terus bagaimana sih cara bermain Saham yang bisa menguntungkan ? Tentunya hal ini merupakan beberapa pertanyaan bagi Anda semua yang ingin berkecimpung didalam dunia Saham sehingga tertarik deh untuk bermain saham.

Terkait mengenai bermain Saham, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu makna dari definisi Saham itu sendiri,

Sehingga Anda tidak bingung dan keliru untuk menggunakannya sebagai media yang mampu menjadikan sebuah penghasilan tambahan atau bahkan untuk bisnis Anda. Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi saat ini, maka mau tidak mau kita harus belajar dengan perkembangan ini semua. 

Saham merupakan jenis usaha menjanjikan sekali untuk saat ini. Karena profit yang didapatkan cukup besar dan lumayan sekali. Maka dari itu perlunya Anda untuk mencoba bermain saham dengan serius.

 

Mengenal Saham

Apa sih saham itu ? Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Membeli saham berarti anda telah memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. 

Maka dari itu, Anda berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, pada akhir tahun periode pembukuan perusahaan.

 

Definisi Saham

Pengertian Saham adalah dokumen berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Dengan kata lain, ketika seseorang membeli saham maka orang tersebut telah membeli sebagian kepemilikan atas perusahaan tersebut.

Arti saham (stock) dapat juga didefinisikan sebagai satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. 

Jadi, ketika seseorang membeli saham suatu perusahaan maka orang tersebut telah memiliki hak atas ASET dan pendapatan perusahaan tersebut dengan porsi sebesar saham yang dibeli. Secara sederhana, saham adalah suatu alat bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan atau badan usaha. 

Wujud saham umumnya berbentuk selembar kertas dimana di dalamnya disebutkan bahwa pemilik surat berharga tersebut merupakan pemilik perusahaan yang menerbitkan surat tersebut.

 

Pengertian Saham Menurut Para Ahli

Mengenal Cara dan Bermain Saham Pemula

Berikut pengertian saham menurut para ahli. Agar lebih memahami apa arti saham (stock), maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli berikut ini:

Sapto Raharjo

Menurut Sapto Raharjo, pengertian saham adalah suatu surat berharga yang merupakan instrumen bukti kepemilikan atau penyertaan dari individu atau instansi dalam suatu perusahaan.

Swadidji Widoatmodjo

Menurut Swadidji Widoatmodjo, pengertian saham adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan yang berbentuk Perseroan terbatas atau yang disebut emiten.

Nofie Iman

Menurut Nofie Iman, pengertian saham adalah surat berharga yang memberikan peluang keuntungan yang tinggi namun juga berpotensi resiko tinggi.

 

Baca Juga Cara Mendapatkan Uang Lewat Internet

 

Tjiptono Darmaji dan Hendy M. Fakhrudin

Menurut Tjiptono Darmaji dan Hendy M. Fakhrudin, pengertian saham adalah bukti kepemilikan seseorang/ instansi terhadap suatu perusahaan atau perseroan terbatas. 

Saham berwujud selembar surat berharga yang menerangkan bahwa pemilik surat tersebut adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan surat berharga tersebut.

 

Pengertian Jenis-jenis Saham

Ditinjau dari segi kemampuan dalam hak tagih dan klaim, jenis bermain saham dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Saham Biasa (Common Stock)

Definisi saham biasa adalah saham yang dapat diklaim berdasarkan profit dan loss yang terjadi pada suatu perusahaan.

Jika dilakukan likuidasi, maka pemegang saham biasa akan menjadi prioritas terakhir dalam pembagian dividen dari penjualan aset perusahaan. Pada saham biasa, para pemegang saham memiliki kewajiban terbatas.

Dengan kata lain, ketika perusahaan dinyatakan bangkrut maka kerugian maksimum yang ditanggung oleh pemegam saham adalah sebesar investasi pada saham yang dibeli.

 

Ciri-ciri Saham Biasa

  • Pemegang saham memiliki hak suara dalam memilih dewan komisaris.
  • Hak pemegang saham didahulukan ketika perusahaan menerbitkan saham baru.
  • Pemegang saham memiliki tanggungjawab terbatas, yaitu sebesar saham yang dimiliki.

Saham Preferen (Preferred Stock)

Pengertian saham preferan adalah saham dimana pembagian labanya tetap, dan ketika perusahaan mengalami kerugian maka pemegang saham preferen akan diberikan prioritas utama dalam bagi hasil penjualan aset.

Saham preferen memiliki kesamaan dengan obligasi, yaitu adanya klaim atas laba dan aktiva sebelumnya, dividen tetap selama masa berlaku dari saham, Dan memiliki hak tebus, serta dapat ditukar (convertibel) dengan saham biasa.

 

Ciri-ciri Saham Preferen  

Terdapat beberapa tingkatan yang dapat diterbitkan dengan karakteristik yang berbeda. Terdapat tagihan terhadap pendapatan dan aktiva, serta mendapat prioritas tinggi dalam pembagian dividen.  Saham preferen dapat ditukar menjadi saham biasa melalui kesepakatan antara perusahaan dengan pemegang saham.

Bila ditinjau dari segi kinerja perdagangan, maka bermain saham dapat dikelompokkan menjadi tujuh jenis, yaitu: 

  1. BlueChip Stocks, yaitu saham biasa dari perusahaan dengan reputasi tinggi, menjadi market leader di industri sejenis, memiliki penghasilan stabil, dan konsisten membayar dividen, 
  2. Income Stocks, yaitu saham dari suatu emiten dengan kemampuan membayar dividen di atas rata-rata pembeyaran dividen tahun sebelumnya. Saham jenis ini umumnya dapat memberikan pendapatan yang lebih besar dan rutin membayarkan dividen tunai.
  3. Growth Stocks, yaitu saham yang terdiri dari well-known dan lesser-known.
  4. Well – Known adalah saham dari emiten yang pertumbuhan pendapatannya tinggi, market leader di industri sejenis dan memiliki reputasi tinggi. 
  5. Lesser – Known adalah saham dari emiten yang bukan market leader dalam industrinya, namun mempunyai ciri growth stock.
  6. Speculative Stock, yaitu saham dari perusahaan yang belum dapat memiliki pendapatan rutin setiap tahunnya, namun berpotensi akan memiliki pendapatan tinggi di masa depan, walaupun belum pasti.
  7. Counter Cyclical Stockss, yaitu saham yang tidak terlalu terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro maupun situasi bisnis secara umum. 

 

Nilai saham ini bisa tetap tinggi pada saat resesi ekonomi karena emitennya mampu mendapatkan penghasilan tinggi sehingga mampu memberikan dividen yang tinggi.

 

Baca Juga Perbedaan Saham dan Reksadana

 

Keuntungan Bermain Saham

Keuntungan Bermain Saham

Salah satu manfaat utama dari saham adalah dapat digunakan sebagai instrumen investasi, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Mereka yang memanfaatkan saham sebagai investasi jangka pendek biasanya hanya menginginkan capital gain dari selisih harga beli dan harga jual. 

Berbeda dengan mereka yang memanfaatkan saham sebagai investasi jangka panjang, dimana mereka rutin membeli saham atau menabung saham.

Jadi, ada dua keuntungan yang bisa diperoleh oleh investor saham, yaitu; 

Capital Gain, yaitu keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual saham yang lebih tinggi dari harga belinya.

Setiap investor saham mendapatkan keuntungan sesuai dengan besarnya saham yang dimiliki. 

Dividen, yaitu keuntungan yang diperoleh dari pembagian dividen tunai suatu emiten.

Ini merupakan pendapatan tambahan yang diperoleh oleh investor bila membeli saham dari emiten yang memiliki kinerja pendapatan yang bagus.

 

Cara Beli Bermain Saham Online

Cara Bermain Saham Pemula

Sejumlah langkah perlu diperhatikan untuk bisa beli saham secara online. Bagaimana jika ingin tahu cara beli saham bca, atau beli saham unilever, lalu cara bermain saham online gratis

Pilih Broker Saham

Paling awal adalah Anda harus menentukan dan memilih broker saham. Ada banyak broker atau disebut ‘Anggota Bursa’ yang merupakan member di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Mana yang sebaiknya dipilih ? Saya tidak punya rumus baku karena pada dasarnya semua broker yang tercatat di BEI mumpuni secara keuangan karena harus memenuhi modal minimum sesuai ketentuan OJK.

Tetapi, karena fokus kita adalah jual beli saham online, pilih broker yang memiliki aplikasi saham online bagus dan bisa diandalkan. Beberapa broker menyediakan dummy-trade yang bisa Anda coba gunakan untuk mengevaluasi apakah aplikasi jual beli saham milik broker tersebut bagus atau tidak.

Buka Rekening Saham

Setelah memilih broker, langkah berikutnya adalah membuka rekening saham. Membuka rekening wajib karena jika tidak, Anda tidak bisa melakukan transaksi saham.

Broker yang baik memberikan fasilitas pembukaan rekening secara online dimana Anda cukup mengisi formulir pembukaan rekening secara online dan mengirimkan dokumen tersebut setelah ditandatangani.

Buka Rekening Dana Nasabah

Selain buka rekening saham di broker, berbarengan dengan itu, yang tidak kalah penting adalah pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN).  Kalau rekening saham untuk Anda bisa melakukan jual beli saham, RDN adalah rekening khusus yang dibuat di bank untuk menyimpan dana transaksi jual beli saham.

Setoran modal untuk transaksi saham dan hasil penjualan saham disimpan di RDN. Meskipun rekening saham sudah dibuka, tetapi jika RDN belum dibuat, Anda tidak bisa mulai transaksi saham.

Setor Modal

Setelah rekening saham dan RDN berhasil dibuka, Anda perlu menyetor dana untuk melakukan transaksi saham. Jumlah setoran tergantung jumlah transaksi saham yang akan dilakukan. Pengalaman saya untuk transaksi pertama kali, Anda harus melakukan deposit terlebih dahulu, baru bisa melakukan transaksi perdagangan saham.

Setelah transaksi pertama berhasil, transaksi berikutnya Anda bisa melakukan settlement atau pembayaran kewajiban dalam waktu 2 hari sejak transaksi.

Transaksi Beli Saham Online

Setelah dana disetor dan efektif di RDN, Anda bisa melakukan transaksi beli saham.

Cara Beli Saham di Aplikasi Online

Tentukan saham yang ingin Anda beli dan pilih saham tersebut. Sebaiknya Anda ingat kode sahamnya karena akan lebih mudah. Pada saat melakukan order, Anda akan diminta menentukan di harga berapa akan membeli saham pilihan Anda tersebut dan dalam aplikasi akan terlihat harga penawaran (bid) dan harga penjualan (offer).

Jika ingin langsung pembelian efektif, Anda pasang harga beli sama dengan harga penjualan (offer) terendah, maka Anda akan mendapatkan saham tersebut. Jika ingin harga beli yang lebih murah, maka Anda pasang di harga dibawah harga jual terendah, yang artinya Anda harus mengantri sampai ada penjual yang mau menurunkan harga jual ke harga beli yang Anda pasang.

Pemasangan order beli Anda mengikuti prioritas harga dan waktu. Setelah transaksi berhasil. Anda bisa cek di halaman Portofolio yang menunjukkan kepemilikan saham Anda saat ini (harga rata-rata, jumlah lembar saham dan nilai investasi saham).

Transaksi Jual Bermain Saham Online

Saham yang Anda miliki bisa dijual lewat aplikasi saham online di broker.

Cara Menjual Bermain Saham

Pilih saham yang Anda miliki lalu tentukan harga jual dan jumlah lembar saham yang akan dijual. Penentuan harga jual menentukan seberapa cepat transaksi bisa dilakukan. Jika ingin segera menjual saham, Anda pasang di harga beli tertinggi di pasar saat itu.

Tetapi, jika ingin hasil penjualan yang lebih besar, Anda bisa pasang di harga jual yang lebih tinggi, namun konsekuensinya

Merubah Order Bermain Saham Online

Pada saat melakukan perdagangan bermain saham, Anda bisa merubah atau ‘amend’ harga beli atau harga jual. Dalam aplikasi saham online tersedia fasilitas untuk melakukan perubahan tersebut.

Jika posisi yang Anda pasang tidak tereksekusi, sementara Anda sudah ingin segera membeli atau menjual saham tersebut, Maka Anda bisa lihat posisi harga jual dan beli yang tersedia pasar saat itu dan melakukan perubahan harga – amend – sesuai dengan kondisi pasar saat itu.

 

Penutup Belajar Bermain Saham Pemula

Bisa kita ambil kesimpulan bahwa mempelajari dunia saham itu cukup perlu pembelajaran yang khusus. Dimana kita tidak cukup hanya tahu manfaat, keuntungan, dan pengertiannya. Melainkan harus faham mengenai hal apa yang bisa dihasilkan dari saham tersebut.

Sekian deh artikel seputar dunia Bisnis dari Benang Inspirasi yang berjudul Mengenal Cara dan Bermain Saham Pemula. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!