7+ Cara Agar Video Story WA tidak Buram Tanpa Aplikasi Praktis

 Benang Inspirasi – Simak cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi yang mudah dan praktis. Status di WhatsApp terkadang menjadi tontonan kita ketika sedang dalam kondisi senggang atau nyantai.

Sebab jika kamu tahu cara agar story wa tidak buram tanpa menggunakan aplikasi. Maka kamu bisa meluangkan waktu sekitar 5 menit bahkan 15 menit untuk menghabiskan story wa yang ada di kontak handphone.

Namun yang di sayangkan tidak semua kualitas status wa itu buram, terkadang banyak yang kamu jumpai kualitas video pada story wa pecah dan burem. Yang menyebabkan kamu langsung menyekip status pada WhatsApp.

Namun terdapat beberapa alternatif yang bisa kamu gunakan agar bisa membuat video status wa tidak buram tanpa aplikasi. Simak juga cara agar status wa hd tanpa aplikasi yang praktis. Tips upload video statuus wa yang bagus tidak pecah tanpa aplikasi.

Yang nantinya hasil video di status wa jelas dan tidak pecah sehingga nyaman dan banyak yang menonton bahkan ingin mengomentari status wa kamu.

Maka dari itu kamu perlu tahu dengan membaca cara agar video story wa tidak buram tanpa pakai aplikasi berikut ini ya.

Video Story WA

Selanjutnya terkait hasil status wa yang tidak buram ini dikarenakan terdapat beberapa tips yang menarik untuk kamu ketahui dan pelajari.

Yang tentunya dengan kualitas video story wa tidak buram menjadikan rekan di kontak wa menjadi suka dan nyaman. Ikuti panduan praktis cara agar video status wa tidak buram tanpa aplikasi dengan mudha.

Karena jujur saja, saya pun ketika membuka story wa yang pecah dan buram, mendingan langsung sekip dan geser aja daripada menunggu sampai status wa tersebut selesai.

Sebab saya sendiri kurang nyaman dan suka dengan kualitas status wa yang buram dan pecah tersebut. Simak dengan seksama cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi.

Oleh karena itulah, Team Benang Inspirasi akan memberikan informasi yang berguna seputar tips teknologi kepada kamu mengenai bagaimana cara agar status wa tidak buram tanpa memakai aplikasi di Android dan iPhone.

Cara Agar Video Story WA tidak Buram Tanpa Aplikasi yang Mudah

Kamu perlu mengerti dan faham bahwa setiap hp itu mempunyai spesifikasi tersendiri yang pastinya dari segi kualitas dan harga pun berbeda-beda.

Lebih tinggi harga smartphone biasanya sih kualitas yang di berikan pada smartphone tersebut semakin baik dan bagus.

Hal yang menjadi penyebab kenapa status wa pecah dan burem itu bisa karena waktu pengambilan video kamera hpnya dalam kondisi kotor, atau terdapat noda yang menjadikan hasil videnya pecah.

Termasuk juga banyak gerak yang tidak beraturan alhasil video itu ketika di jadikan story wa menjadi pecah dan tidak jelas.

cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi

Silahkan kamu simak langkah cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi ketika kamu upload menggunakan smartphone masing-masing baik memakai paket data pribadi maupun wifi di rumah.

  1. Siapkan smartphone kamu untuk mengambil video WhatsApp
  2. Pastikan kamera hp kamu bersih tanpa noda atau kotoran
  3. Setting pada pengaturan pengambilan kamera dengan aturan yang paling tinggi (rekomended paling tinggi)
  4. Kamu buat video dengan durasi 30 detik untuk dijadikan statur wa
  5. Tujuannya agar story wa yang dibuat tidak pecah
  6. Dalam pengambilan video, usahakan kamu jangan banyak bergerak agar kualitas videonya maksimal
  7. Jika sudah selesai, jadikan video tanpa aplikasi tersebut di status wa kamu
  8. Dan lihat deh hasilnya pasti lebih bagus dan tidak pecah

Berikut ini penjelasan secara jelas mengenai cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi.

Pilih Video yang Sesuai

Pastikan video yang akan kamu bagikan memenuhi syarat berikut:

Resolusi: Video harus memiliki resolusi yang lebih rendah dari 640×640 piksel. Resolusi yang lebih tinggi dapat menyebabkan video terlihat buram.

Format: WhatsApp mendukung format video seperti MP4, 3GP, dan AVI. Pastikan video dalam format yang didukung.

Potong Video

Jika video kamu memiliki resolusi yang lebih tinggi atau aspek rasio yang tidak sesuai, kamu dapat menggunakan aplikasi pengeditan video bawaan di ponsel kamu (jika ada) untuk memotong dan menyesuaikan video sehingga sesuai dengan format WhatsApp.

Konversi Video

Jika video kamu masih terlalu besar atau tidak sesuai dengan format WhatsApp, kamu bisa mencoba mengonversinya ke format yang sesuai dengan menggunakan aplikasi konversi video ponsel atau komputer kamu . Pastikan resolusi tetap sesuai dengan batasan WhatsApp.

Kompress Video

Jika kamu tidak ingin memotong atau mengonversi video, kamu juga dapat mencoba mengompres video untuk mengurangi ukurannya. Ada aplikasi pengompres video gratis yang tersedia untuk diunduh di toko aplikasi ponsel kamu.

Periksa Koneksi Internet

Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil saat mengunggah video ke status WhatsApp. Koneksi yang lemah dapat menyebabkan video menjadi buram atau gagal di unggah.

Cek Pengaturan WhatsApp

Periksa pengaturan WhatsApp kamu terkait dengan unduhan media. Pastikan opsi “Kualitas video” tidak diatur pada “Sederhana” untuk menghindari kompresi yang berlebihan.

Setelah kamu memastikan video telah sesuai dengan resolusi dan format yang sesuai, dan memiliki koneksi internet yang baik, kamu seharusnya dapat mengunggah video ke status WhatsApp tanpa masalah buram.

Jika video masih terlihat buram, mungkin ada faktor lain yang memengaruhi kualitas tampilan video, seperti kompresi WhatsApp yang diterapkan saat mengunggah.

Dalam hal ini, kamu mungkin tidak dapat menghindari buramnya video di status WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Terdapat juga beberapa hal dan penyebab yang menjadikan kualitas video dari smartphone menjadi buruk dan tidak jelas bahkan menjadi pecah yang menghasilkan kualitas video yang tidak nyaman dan jelek.

Gimana cara post video di WA agar tidak buram ?

Untuk memastikan video yang Anda kirim melalui WhatsApp tidak buram, ikuti beberapa tips berikut:

1. Resolusi Video yang Sesuai

Pastikan video yang Anda ingin kirim memiliki resolusi yang sesuai untuk dibagikan melalui WhatsApp. Resolusi yang lebih tinggi akan memberikan kualitas yang lebih baik. Usahakan untuk mengirim video dengan resolusi HD (720p atau lebih tinggi) jika memungkinkan.

2. Ukuran File yang Optimal

Periksa ukuran file video sebelum mengirimkannya. WhatsApp memiliki batasan ukuran file untuk pengiriman video. Jika ukuran file terlalu besar, WhatsApp akan mengompresinya, yang dapat menyebabkan kualitas video menurun.

Usahakan untuk mengirim video dengan ukuran file yang cukup besar untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik. Hal ini merupakan salah satu faktor penting sebagai cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi.

3. Kompresi Video Secara Manual

Jika ukuran file terlalu besar, Anda bisa mencoba mengompres video secara manual sebelum mengirimnya. Ada banyak aplikasi dan perangkat lunak yang dapat membantu Anda mengompres video tanpa mengorbankan kualitas yang terlalu banyak.

4. Gunakan Fitur Documents

Untuk menghindari kompresi otomatis dari WhatsApp, Anda dapat menggunakan fitur “Documents” atau “Dokumen” daripada mengirim video sebagai “Media”.

Hal ini memungkinkan Anda mengirim video sebagai file dokumen dan dapat membantu mempertahankan kualitas video yang lebih baik.

5. Gunakan Layanan Cloud

Jika video Anda terlalu besar untuk dikirimkan melalui WhatsApp, Anda dapat mengunggahnya ke layanan cloud (seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive) dan kemudian membagikan tautan unduhan video melalui WhatsApp. Dengan cara ini, penerima dapat mengunduh video dengan kualitas aslinya.

6. Koneksi Internet Stabil

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat saat mengirim video. Koneksi yang lambat dapat menyebabkan video terkompresi lebih lanjut oleh WhatsApp.

7. Periksa Pengaturan WhatsApp

Periksa pengaturan WhatsApp Anda terkait kompresi video dan pastikan opsi “Kompresi Media” atau “Kualitas Video” tidak diatur pada pengaturan yang terlalu rendah. Anda dapat menemukan pengaturan ini di bagian “Pengaturan” -> “Penggunaan Data dan Penyimpanan” pada aplikasi WhatsApp.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan kualitas video yang Anda kirimkan melalui WhatsApp dan menghindari masalah video yang buram akibat kompresi yang berlebihan. Sehingga cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi dapat teratasi dengan baik.

Ingatlah bahwa pengalaman dan kualitas video juga akan dipengaruhi oleh perangkat penerima, jadi pastikan penerima memiliki koneksi internet yang cukup dan perangkat yang memadai untuk melihat video dengan baik.

cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi

Berapa Ukuran Video Story WhatsApp agar tidak Pecah ?

Selain dari sisi perangkat pada smartphone, kamu juga harus faham dan mengerti bahwa ukuran video status wa agar tidak pecah ketika kamu mengupload video di story wa menggunakan smartphone.

  • Ukuran Video Story WhatsApp – Adapun Gambar atau foto yang paling optimal dengan ukuran 750×1334 px dengan aspect ratio 16:9 potrait. Sebetulnya ukuran video story di Whatsapp itu bisa ukuran berapa saja. Tapi, tidak akan sebagus yang di rekomendasikan.
  • Foto di Chat – Whatsapp akan memunculkan ukuran foto di chat dalam bentuk aspect ratio 1:1 atau square. Terdapat ukuran 800×800 px meskipun foto tersebut mempunyai di mensi lebih besar.
  • Icon Profile – Untuk uploud foto profile bebas berapapun ukurannya, akan tetapi size terendah dari whatsapp 192×192 px yang untuk tampil di chat itu. Rekomendasi ukuran foto whatsapp diatas 500×500 px agar hasilnya tidak buram.

Apakah Nama Aplikasi agar Video Status WA tidak Buram dan Pecah ?

Beberapa waktu yang lalu Team Benang Inspirasi sudah memberikan dan menjelaskan aplikasi agar status wa tidak pecah di iPhone.

Yang mana kamu bisa mendapatkannya secara gratis tinggal install dan download melalui AppStore di hp kamu. Gunakan cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi tersebut ya.

Adapun nama aplikasi agar status wa tidak pecah di iPhone bernama iMovie, Magisto, dan LumaFx. Kamu sudah bisa langsung mencoba bahkan praktek deh.

Manfaat Memperbaiki Video Story WA tidak buram tanpa Aplikasi

Jika Anda ingin memperbaiki video story di WhatsApp agar tidak buram tanpa menggunakan aplikasi tambahan, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba:

1. Gunakan Video dengan Resolusi Tinggi

Pastikan video yang ingin Anda unggah memiliki resolusi yang tinggi. Video dengan resolusi tinggi cenderung memiliki kualitas yang lebih baik saat diunggah ke WhatsApp. Usahakan untuk menggunakan video dengan resolusi minimal 720p (1280 x 720 piksel) atau lebih tinggi.

2. Hindari Kompresi yang Berlebihan

WhatsApp cenderung mengompres video secara otomatis saat Anda mengunggahnya. Untuk menghindari pemadatan yang berlebihan.

Maka hindari mengirim video yang terlalu besar atau terlalu panjang. Potong video menjadi segmen yang lebih pendek jika perlu. Setidaknya dengan tips cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi dapat menjadi solusi bagi Anda.

3. Perhatikan Kualitas Pencahayaan

Pastikan video yang diambil memiliki pencahayaan yang cukup. Video yang buram atau gelap dapat disebabkan oleh kondisi pencahayaan yang tidak memadai. Usahakan untuk mengambil video di tempat dengan pencahayaan yang cukup atau gunakan pencahayaan tambahan jika diperlukan.

4. Hindari Zoom dan Gerakan Cepat

Saat merekam video langsung dari aplikasi kamera WhatsApp, hindari menggunakan fitur zoom atau gerakan kamera yang cepat. Penggunaan zoom atau gerakan cepat dapat mengurangi kualitas video dan membuatnya tampak buram atau kabur.

5. Perbarui WhatsApp ke Versi Terbaru

Pastikan Anda menggunakan versi terbaru WhatsApp di perangkat Anda. Pembaruan perangkat lunak terbaru sering kali menyertakan peningkatan kualitas video atau perbaikan bug yang dapat meningkatkan kualitas video yang diunggah.

6. Gunakan Koneksi Internet yang Stabil

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat saat mengunggah video. Koneksi yang tidak stabil atau lambat dapat mengakibatkan video menjadi buram atau terputus-putus saat diunggah.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan kualitas video story di WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Dengan adanya triks cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi akan memudahkan Anda.

Namun, perlu diingat bahwa WhatsApp secara otomatis mengompres video untuk menghemat ruang penyimpanan dan penggunaan data, sehingga kualitas video mungkin sedikit berkurang.

Jika Anda menginginkan kualitas yang lebih baik, pertimbangkan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengoptimalkan kualitas video sebelum mengunggahnya ke WhatsApp.

Informasi Pendukung Agar Status WA tidak Buram dan Pecah tanpa Aplikasi dari berbagai Pertanyaan

Harapan kami dengan adanya wawasan berikut ini bisa memberikan informasi tambahan terkait cara agar status wa tidak pecah tanpa aplikasi yang bisa untuk kamu sekalian praktikan dan coba lakukan.

Kenapa video WA Buram dan pecah?

Pertanyaan pertama, kenapa video wa pecah ? Terdapat beberapa penyebab dan alasan kenapa video di wa bisa menjadi pecah dan burem, Salah satunya dikarenakan ketika kamu mengambil video tersebut kualitas video jelek atau tidak HD. Sehingga menghasilkan kualitas video di wa pecah.

Bagaimana agar Story WA tidak Buram dan pecah?

Langkah yang teat agar story wa tidak pecah yaitu kamu bisa membuat video wa dengan kualitas hd dan tidak bergetar. Hal tersebut akan memberikan hasil story wa yang tidak pecah dan jelas tentunya. Karena dalam pengambilan videnya berkualitas hd dan bagus.

Kenapa Story WA Buram dan pecah?

Pertanyaan lainnya kenapa story wa pecah lagi ? Story wa pecah bisa di karenakan karena konekasi internet kamu lemot.

Jika koneksi internet kamu bagus, berarti dalam proses pembuatan dan pengambilan video untuk story wa nya pecah dan jelek.

Tips cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi yang terbaik

Berikut ini beberapa tips untuk memastikan cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi tambahan lainnya.

1. Gunakan pencahayaan yang baik

Langkah pertama terkait tips cara agar video story whatsapp tidak buram tanpa aplikasi. Pastikan tempat Anda memiliki pencahayaan yang cukup saat merekam video story. Hindari merekam di tempat yang terlalu gelap atau terlalu terang.

Cahaya alami atau pencahayaan lembut dari sumber cahaya yang tidak terlalu terang akan membantu menghasilkan video yang lebih jelas.

2. Jaga kestabilan saat merekam

Usahakan agar ponsel atau kamera Anda tetap stabil saat merekam. Gunakan tangan yang stabil atau bantuan tripod untuk mengurangi getaran dan menghasilkan video yang jelas.

3. Fokus yang tepat

Pastikan objek yang ingin Anda rekam terfokus dengan baik. Pada umumnya, ponsel pintar akan otomatis memfokuskan objek di tengah layar. Anda juga dapat memilih fokus dengan mengetuk layar pada objek yang ingin ditekankan.

4. Hindari zoom digital

Jika memungkinkan, hindari menggunakan fitur zoom digital di ponsel Anda. Zoom digital cenderung mengaburkan video dan mengurangi kualitas gambar. Lebih baik mendekati objek secara fisik daripada menggunakan zoom digital.

5. Gunakan resolusi dan framerate yang tinggi

Pilih pengaturan resolusi dan framerate yang lebih tinggi saat merekam video di ponsel Anda. Ini dapat membantu menghasilkan video dengan kualitas yang lebih baik dan mengurangi buram atau kehilangan detail.

6. Periksa pengaturan kualitas video di WhatsApp

Pastikan pengaturan kualitas video di aplikasi WhatsApp Anda sudah diatur ke kualitas yang tinggi. Buka Pengaturan > Data dan penyimpanan > Penggunaan data > Pengaturan unduhan otomatis. Pastikan opsi “Kualitas video” diatur ke “Asli” atau “Kualitas tinggi”.

7. Jangan memampatkan video

Hindari memampatkan atau mengompres video sebelum mengirimkannya sebagai story WA. Hal ini dapat mengurangi kualitas video secara signifikan. Biarkan WhatsApp menangani kompresi saat mengirim video.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan kualitas video story WA Anda tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Tetap perhatikan faktor pencahayaan, kestabilan, dan pengaturan kualitas agar video Anda terlihat lebih jelas dan tajam.

Tutorial Cara Agar Video Story WA tidak Buram tanpa Aplikasi

Akhir Kata

Demikianlah artikel Benang Inspirasi mengupas teknologi yang berjudul tentang Cara Agar Status WA tidak buram dan Pecah Tanpa Aplikasi.

Yang patut untuk kamu gunakan agar hasil video di story wa menjadi jelas tanpa burem alias pecah. Maka dari itu gunakan panduan cara agar video story wa tidak buram tanpa aplikasi yang sudah ada tadi ya.

Jika kamu ingin mendapatkan kualitas yang lebih bagus lagi, maka buatkan video yang jelas dan tanpa ada gerakan yang menyebabkan hasil kualitas dari video wa menjadi pecah atau blurd.  Ikuti kami di Google News

 

About Indri Sholihah

Saya sangat suka menulis tentang internet terutama dengan tema teknologi yang terupdate. Sebagai content writers sudah saya geluti sejak tahun 2019. Saya berharap artikel yang ku tulis di website Benanginspirasi.com dapat memberikan manfaat bagi netizen Indonesia.

Check Also

cara menghapus cache aplikasi di iPhone

5+ Cara Hapus Cache Aplikasi di iPhone yang Aman dan Mudah

Benanginspirasi.com – Ikuti panduan cara hapus cache aplikasi di iPhone agar tidak lemot dan mudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *