✓ Karya Al-Farisi Sang Ilmuwan Muslim yang Sensasional

1 min read

Sang Ilmuwan Muslim yang Sensasional

Yuk cari tahu Karya Al-Farisi Sang Ilmuwan Muslim yang Sensasional. Kali ini Benang Inspirasi akan berbagi mengenai dunia Ilmuan yang membahas mengenai Tokoh ilmuan muslim yang bernama Al Farisi sang ilmuan muslin penemu Optik yang terkenal.

 

Tankih adalah karya al-Farisi yang paling sensasional. Karya ini membahas secara rinci dan tuntas masalah seputar optic yang pernah diajukan Ibnu al-Haytsam. Dalam karyanya tersebut, al-Farisi mengembangkan penelitian al-Haytsam terhadap kamera obskura dan menjelaskan timbulnya pelangi.

Saat menjelaskan perihal pelangi, al-Farisi mampu memberikan penjelasan yang valid tentang tata warna pelangi primer dan sekunder. Namun satu hal yang paling mengesankan dari karyanya itu adalah ia berhasil menjabarkan hasil penelitian ilmiahnya dengan menggunakan teori matematika.
Selain tankih, al-Farisi juga menulis buku lain yang membahas masalah optic, yaitu kitab al-Basa’ar fi al-Ilm-Manazir. Buku ini merupakan sebuah karya bebas tentang optic

 

Al – Farisi di kenal sebagai salah satu murid pilihan Al – Din Shirazi. Beliau tercatat sebagai alumni School of Maraghi, sebuah lembaga ilmu pengetahuan dan teknologi yang di dirikan oleh Al – Thusi. 

Al- Farisi juga selain sebagai murid, beliau juga sebagai asisten dan pengganti gurunya Al – Thusi. Beliau mewarisi semua sifat gurunya Nasaruddin Al – Thusi. Kecemerlangan pemikiran Al – Farisi membuatnya menjadi ilmuan kesayangan pengajarnya.

Karya Al-Farisi Sang Ilmuwan Muslim yang Sensasional

Tankih ialah karya Al- Farisiyang paling sensasional, sehingga banyak pakar ilmuan barat seperti Brockellman mencoba menelaah dan menelusuri jejak karya beliau tersebut. Karya ini membahas secara rinci dan tuntas masalah seputar optic yang pernah di ajukan oleh Al- Hatsyam terhadap kamera obskura dan menjelaskan tentang timbulnya pelangi. 

Sang Ilmuwan Muslim yang Sensasional

Sang Ilmuwan Muslim yang Sensasional
Karya Al-Farisi Sang Ilmuwan Muslim yang Sensasional. Saat menjelaskan tentang pelangi Al – Farisi dapat menjelasakan yang valid tentang tata warna pelangi primer dan sekunder. Namun, ada satu hal yang paling mengesankan terhadap karya beliau tersebut yakni Al – Farsi dapat menjabarkan hasil dari penelitianya tersbut dengan dengan teori matematika.
Sebuah analogi yang di kemukakan oleh Ibnu Sina tentang tetes air hujan di permukaan gelas, Al –Farisi kemudian meneliti sinar lampu yang melewati permukaan sebuah gelas. Ia berharap biasa menemukan pembiasan sinar matahari melalui titik hujan. 

Setelah kejadian itu teori pelangi yang di bawakan oleh Al – Farisi di anggap begitu spektakuler di karenakan mampu mendemonstrasikan beragam rupa kombinasi refraksi dan refleksi cahaya matahari dalam setetes air, yang kemudian di kaitkan dengan pelangi primer dan sekunder. 

Selain Tankih, buku hasil karya Al – Farisi lainnya yang membahas optic yaitu Kitab Al Basa’ir fi-Ilm-Manazir. Buku ini sebuah karya bebas tentang optic.
Selain menguasai ilmu optic, Al – Farisi juga mahir dalam ilmu matematika. Salah satu karya andalan beliau dalam bidang ini ialah Tadhkirat Al-Ahbab,yang merupakan manuskrip tentang angka bilangan yang bersahabat ( friendly numbers )

 

Beliau menulis buku ini pada tahun 1337 ( 737 H ) di Baghdad. Asas Al- Qowa’id fi usul al- fawa’id adalah sebuah risalah matematika karya Al- Farisi yang juga snagat terkenal. 

Di kemudian hari banyak para ilmuan fisika dan matematika memuji sejumlah karya ilmiah beliau tersebut sebagai karya ilmiah berkualitas tinggi, kemudian karya beliau tersebut telah di terjemahkan dalam bahasa ibrani dan latin.

Penutup Karya Al-Farisi Sang Ilmuwan Muslim Bidang Optik 

Sekian artikel dari Benang Inspirasi mengenai Ilmuan yang berjudul Karya Al-Farisi Sang Ilmuan Muslim yang Sensasional. Semoga adanya artikel ini bisa memberikan kemanfaatan dan informasi yang berguna buat Anda yang membutuhkan.

Sumber: Wahyu Murtiah Ningsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!