Ketahui Perbedaan Growth Mindset dan Fixed Mindset

Apakah kalian sudah mengenal dan tahu mengenai apa saja perbedaan growth mindset dan fixed mindset ? Tentunya ini begitu berhubungan dengan pola pikir kalian terhadap suatu pandangan dalam kehidupan masing-masing.

Pertama kalinya istilah growth mindset dan fixed mindset diperkenalkan oleh Carol Dweck dalam bukunya yang berjudul Mindset: The New Psychology of Success.

Seorang Psikolog di Stanford University yang telah melakukan berbagai penelitian untuk membuktikan bahwa dengan membangun suatu pola pikir yang selalu mau berkembang adalah kunci dari suatu keberhasilan.

Growth Mindset

Mengenai Growth mindset sendiri bisa di artikan sebagai pola pikir yang selalu berkembang dimana pemiliknya percaya bahwa kesuksesan bisa di dapatkan melalui kerja keras, dilansir dari Thomas Edison State University.

Pastinya kalian harus mengerti alasan mengapa growth mindset penting ? Terutama bagi kalian yang sedang membangun sebuah ide bisnis atau Startup.

Pada umumnya orang yang mempunyai growth mindset biasanya berpikir bahwa kecerdasan atau bakat hanyalah titik permulaan. Mereka tidak mau bergantung hanya dari bakat yang dimilikinya saja.

Yang mana dia akan selalu belajar dan bekerja keras adalah hal yang wajib di lakukan untuk mendapatkan suatu keterampilan yang akan mengantarkannya pada kesuksesan.

Fixed Mindset

Berbeda hal dengan fixed mindset, yang mana mereka selalu percaya bahwa mereka adalah orang yang “pintar” sehingga tidak perlu berusaha dan bekerja keras untuk menggapai kesuksesan.

Dapat di katakan bahwa fixed mindset sebagai pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan atau bakat yang di miliki sifatnya akan tetap dan tidak akan berubah.

Pada umumnya pemilik pola pikir yang satu ini percaya bahwa bakat yang di milikinya berkontribusi besar pada kesuksesan tanpa perlu melakukan usaha ekstra atau bahkan bekerja keras.

Perbedaan Growth Mindset dan Fixed Mindset

Mari kalian simak lebih lengkapnya sebagai berikut mengenai perbedaan growth mindset dan fixed mindset di bawah sini ya.

Saat Menanggapi Kritikan

Perbedaan dari growth mindset dan fixed mindset juga bisa di lihat dari cara mereka menanggapi sebuah kritikan.

Di jelaskan oleh Lifehack, pemilik growth mindset akan melihat sisi positif dari kritikan yang didapatkannya. Bahkan, mereka akan melihat potensi untuk memperbaiki diri dari kritikan tersebut.

Hal itu sangat berbeda dengan mereka yang punya fixed mindset. Pasalnya, saat mendapatkan kritikan biasanya mereka akan menanggapinya dengan negatif.

Semua kritikan yang ditujukan padanya dianggap terlalu personal dan bertujuan untuk menjatuhkannya. Sehingga, mereka cenderung membenci orang yang telah mengkritiknya.

Saat Menghadapi Kesulitan

Setiap orang pastinya pernah menghadapi kesulitan dalam hidup. Proses untuk berjuang menghadapi kesulitan ini juga dipandang berbeda oleh pemilik growth mindset dan fixed mindset.

Bagi growth mindset kesulitan adalah hal yang harus ditaklukan. Meskipun akhirnya gagal, tapi mereka tidak akan menyerah dan malah berjuang lebih keras.

Hal itu sangat berbeda dengan fixed mindset yang lebih mudah menyerah saat menghadapi kesulitan. Sehingga saat mengalami kegagalan, mereka akan sulit untuk bangkit kembali.

Contoh Growth Mindset

Mengutip dari mindsethealth.com, berikut ini adalah beberapa contoh growth mindset:

  • Semangat belajar terus menerus
  • Percaya diri untuk meningkatkan kecerdasan
  • Berusaha lebih keras untuk belajar
  • Percaya diri untuk mengasah penguasaan dan keahlian
  • Mempercayai kegagalan sebagai kemunduran sementara
  • Mencari sumber informasi untuk melihat umpan balik
  • Bersedia menerima tantangan
  • Kesempatan untuk belajar dilihat sebagai umpan balik
  • Sumber inspirasi bisa di lihat dari kesuksesan orang lain

Contoh Fixed Mindset

  • Orang yang mempercayai jika bakat dan kecerdasan sifatnya tetap
  • Menghindari tantangan dan kegagalan
  • Mengabaikan umpan balik dari orang lain
  • Jika melihat orang lain sukses dirinya merasa terancam
  • Menyembunyikan kekurang dari orang lain supaya tidak di hakimi
  • Mempercayai jika berusaha keras tidak ada artinya Mudah menyerah
  • Melihat umpan balik menjadi kritikan pribadi

Kesimpulan

Dapat kalian tarik kesimpulan bahwa perbedaan dari growth mindset dan fixed mindset yang perlu kalian ketahui.

Jika di lihat dari penjelasan di atas, maka bisa di simpulkan bahwa growth mindset lebih terbuka dengan tantangan dan mau belajar hal baru.

Adapun yang di katakan fixed mindset lebih muda berpuas diri saat sudah mendapatkan kesuksesan dan tidak berani keluar dari zona nyaman.

Jadi, kalian sudah tahu dan mengerti kan perbedaan antara growth mindset dan fixed mindset secara menyeluruh dan mendetail.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itu lah mengenai apa saja perbedaan growth mindset dan fixed mindset yang perlu untuk kalian ketahui secara umum maupun pribadi.

Harapannya dengan kalian mengetahui lebih dalam akan growth mindset dan fixed mindset tersebut, akan bisa faham ternyata tidaklah sama antara keduanya.

About Indri Sholihah

Saya sangat suka menulis tentang internet terutama dengan tema teknologi yang terupdate. Sebagai content writers sudah saya geluti sejak tahun 2019. Saya berharap artikel yang ku tulis di website Benanginspirasi.com dapat memberikan manfaat bagi netizen Indonesia.

Check Also

Potongan harga dan imbalan khusus

Jawaban Potongan Harga dan Imbalan Khusus Secara Lengkap

Anda ingin tahu akan penjelasan dari masing-masing soal untuk jawaban potongan harga dan imbalan khusus …

close